Selasa, 30 September 2014

My beloved city

Bontang. Ya,disinilah kota kelahiranku. :) Kota yang kecil namun memiliki potensai alam yang sangat luar biasa. Kota Bontang merupakan kota penghasil gas dan pupuk. Di Bontang juga sangat jarang sekali terjadi kemacetan meskipun ada. :D

SELAYANG PANDANG KOTA BONTANG


Kota Bontang terletak 123 km di utara Samarinda. Dengan wilayah yang relatif kecil dibandingkan kabupaten lainnya di Kalimantan Timur (406,70 km²), Bontang memegang peranan yang cukup penting dalam pembangunan Kaltim maupun nasional. Karena di kota yang bermotto Kota Taman ini, terdapat dua perusahaan raksasa Internasional yaitu PT Badak NGL di Bontang Selatan dan PT Pupuk Kaltim di Bontang Utara.



Kota Bontang secara administratif dikembangkan sebagai Daerah Otonom Kota sejak tahun 1999, setelah sebelumnya berada dalam wilayah administrasi Kabupaten Kutai Kertanegara. Letaknya tergolong strategis, pada poros jalan Trans-Kalimantan serta dilalui jalur pelayaran Selat Makassar sehingga menguntungkan dalam mendukung interaksi wilayah Kota Bontang dengan wilayah luar Kota Bontang. Secara keseluruhan, luas Kota Bontang mencapai 49.752,56 Ha, dimana sebagian besar merupakan wilayah perairan, dengan luas wilayah daratan sekitar 29% atau 14.870 Ha.

Secara astronomis, Kota Bontang berada dalam posisi 117º 23' - 117 º 38' Bujur Timur, serta 0 º 01' - 0 º 14' Lintang Utara.Secara administratif, Kota Bontang semula merupakan kota administratif dari Kabupaten Kutai dan menjadi Daerah Otonomi berdasarkan UU No.47 tahun 1999 tentang pemekaran propinsi dan kabupaten, terbagi atas tiga Kecamatan, yaitu Bontang Utara dan Bontang Selatan, dan Bontang barat . 
 

Dengan luas wilayah perairan yang luas kota Bontang memiliki potensi sumber daya laut berupa perikanan laut yang memiliki berprospek cerah. Potensi budidaya laut dengan komoditas unggulan berupa udang, kepiting, ikan kerapu, udang lobster, kakap merah, teripang, rumput laut, dan tiram yang banyak dicari pasar luar negeri. Hasil laut tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan lokal juga mulai dipasarkan ke luar Bontang, bahkan diekspor. 
 

Tempat – tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Kota Bontang antara lain : Pulau Beras Basah sebuah pulau pasir ditengah laut dengan jarak sekitar 15 Km dari pelabuhan Tanjung laut, dengan keistimewaan seperti pantai pasir putih dan keindahan alam laut. Pulau Selangan Sebuah perkampungan penudukan ditengah laut, keistimewaan pulau ini pengunjjung selain dapat menikmati pemandangan alam laut juga dapat menikmati hidangan ikan dari keramba milik penduduk setempat. Desa Bontang Kuala sebuah perkampungan penduduk yang menjulur kearah laut. Dari tiga tempat rekreasi diatas yang paling mudah dicapai pengunjung adalah Desa Bontang Kuala karena desa wisata ini dapat dicapat dengan mengunakan kendaraan pribadi dan jarak tempuh yang relatif dekat dari pusat kota.


Selain memiliki tempat wisata yang menarik kota Bontang juga tergolong se
buah kota yang bersih. Hal ini dibuktikan dengan anugrahkanya piala Adipura untuk kota Bontang pada tahun 2008 ini.

Tetapi menurut saya tempat wisata di Bontang masih sangat kurang dan perlu beberapa pengembangan-pengembangan yang harus pemerintah lakukan agar dapat menambah dan menarik jumlah para wisatawan yang datang ke kota Bontang,

sumber silahkan klik disini



PT BADAK NGL

PT Badak NGL dibentuk pada 26 Nopember 1974 oleh Pertamina, Huffco Inc., dan JILCO (Japan Indonesia LNG Company) dengan komposisi kepemilikan saham Pertamina (55%), Huffco Inc.(30%) dan JILCO (15%). Dalam perjanjian kerjasama disebutkan bahwa PT Badak NGL tidak akan memperoleh keuntungan dari usaha ini. PT Badak NGL hanya menjadi salah satu jaringan di tengah rantai bisnis LNG. Dengan demikian PT Badak NGL lebih merupakan operating organization yang bersifat non profit.
Pada tahun 1980, konstruksi  train C and D dimulai dikarenakan meningkatnya permintaan LNG dari Jepang. Pada tahun 1988 fasilitas LPG diproduksi dan diekspor ke nagara Jepang.

Sehubungan dengan terus meningkatnya permintaan LNG di Jepang, Taiwan, dan Korea, kemudian TrainE dibangun pada tahun 1987-1989, sedangkan Train F dibangun pada 1991-1993. Sejak tahun 1992 beberapa produksi LNG dari Pabrik LNG ini juga telah diekspor ke Korea Selatan. Perkembangan Pabrik LNG Badak telah dilanjutkan dengan pembangunan Train G yang selesai pada tahun 1997 dan Train H yang selesai pada akhir 1999.  Dengan operasi 8 Train, kapasitas produksi mampu mencapai ke ± 22 juta ton LNG / tahun.

Memasuki milleniums ketiga, pabrik LNG Badak telah berkembang dan mampu menghasilkan produksi LNG terbesar di dunia. Sampai dengan tanggal 13 Desember 2001, pabrik LNG Badak telah mengekspor LNG 4500 dan proyeksi 5000 pengapalan  di kuartal kedua tahun 2003.
Pabrik LNG juga memiliki kemampuan untuk menangani  3 pengapalanpada saat yang sama, dengan melengkapi dermaga loading 3 pada akhir tahun 1999, yang dibangun untuk mengantisipasi peningkatan frekuensi pengapalan di masa mendatang, seperti yang diharapkan untuk dapat mempertahankan tingkat pelayanan kepada pembeli LNG.

Cadangan gas alam untuk menghasilkan LNG masih cukup untuk melayani pembeli dalam jangka panjang di bawah kontrak dan kepastian pengiriman.Untuk menjaga kepercayaan pembeli untuk jumlah cadangan gas, 42 "pipa ditambahkan. Empat paralel pipa yang mampu mengirim 3600 juta kaki kubik (MMFSD) gas alam ke pabrik untuk proses lebih lanjut.

Akhirnya, pabrik LNG Badak LNG menjadi salah satu pabrik dengan pengalaman besar dalam industri LNG dunia, dan menjadi aset vital untuk rantai bisnis LNG Indonesia. Dengan semua kemampuan dan pengalaman lebih dari 33 tahun dalam memproduksi LNG, PT Badak NGL siap menghadapi tantangan di abad ke-21, dan berkesinambungan dengan dukungan yang kuat dari semua pihak yang terlibat dalam bisnis LNG.


 Sumber silahkan klik disini


 PT.PUPUK KALTIM


Pupuk Kaltim merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero), dan saat ini memiliki kapasitas produksi Urea 2,98 juta ton per tahun, Amoniak sebanyak 1,85 juta ton per tahun dan NPK 350 ribu ton per tahun. Pupuk Kaltim juga memproduksi pupuk organik dengan kapasitas 45 ribu ton per  tahun. Perusahaan ini resmi berdiri pada 7 Desember 1977 dan berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur.

Pupuk Kaltim memenuhi kebutuhan pupuk domestik, baik untuk sektor tanaman pangan melalui distribusi pupuk bersubsidi, maupun untuk sektor perkebunan dan industri. Wilayah pemasaran Pupuk Kaltim untuk pupuk bersubsidi meliputi seluruh Kawasan Timur Indonesia, sedangkan produk nonsubsidi tersebar di seluruh Indonesia. Selain urea, NPK dan pupuk organik, Pupuk Kaltim juga menjual Amoniak untuk kebutuhan industri dalam dan luar negeri.

Tujuan Pembentukan
Mengoperasikan kegiatan usaha yang terintegrasi mulai dari industri, perdagangan dan distribusi dan jasa di bidang perpupukan, petrokimia, dan kimia lainnya. Selain itu juga memanfaatkan sumber daya Perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermutu tinggi, berdaya saing kuat dan siap mendukung Ketahanan Pangan Nasional.
Kegiatan Usaha Utama
  • Industri Mengolah bahan-bahan mentah tertentu menjadi bahan-bahan pokok yang diperlukan guna pembuatan Pupuk, petrokimia, agrokimia, agroindustri dan bahan kimia lainnya, serta mengolah bahan pokok tersebut menjadi berbagai jenis Pupuk dan hasil kimia lainnya beserta produk-produk turunannya.
  • Perdagangan Menyelenggarakan kegiatan distribusi dan perdagangan, baik dalam maupun luar negeri yang berhubungan dengan produk-produk tersebut diatas dan produk-produk lainnya yang berhubungan dengan perpupukan, petrokimia, agrokimia, agroindustri dan kimia lainnya, serta kegiatan impor barang-barang yang antara lain berupa bahan baku, bahan penolong/pembantu, peralatan produksi Pupuk dan bahan kimia lainnya.
  • Jasa Melaksanakan studi penelitian, pendidikan, pengembangan, disain engineering, pengantongan (bagging station), konstruksi, pabrikasi, manajemen, pengoperasian pabrik, perbaikan/ reparasi, pemeliharaan, konsultasi (kecuali konsultasi bidang hukum) dan jasa teknis lainnya dalam sector industri pupuk, petrokimia, agrokimia, agroindustri serta industri kimia lainnya serta jasa dalam bidang pertanian dan perkebunan.


    Sumber silhkan klik disini


    TEMPAT WISATA

     Bontang Kuala

    Bontang Kuala adalah kampung air yg unik, terletak di utara Bontang. Dari dermaga Badak, perahu berlayar mengarungi kawasan hutan mangrove menuju "Venesia van Kalimantan". Penduduk disini mendirikan rumah diatas air. sambung menyambung dgn jembatan kayu ulin sehingga menyerupai kota Venesia. Tentu dengan suasana yg berbeda. Kalau Venesia terbuat dari tembok batu, Bontang Kuala adalah sekumpulan rumah kayu. Perahu berlayar memasuki lorong2. Pengalaman yg unik tentunya, mirip dengan kampung air didekat kota Bangkok.

    Bontang Kuala terkenal dgn restoran ikan bakarnya. Sambal Gaminya hmmm membuat air liur bergelayut mengundang selera makan.

    Kalau anda berkunjung ke Bontang, jangan lupa wisata air ke Bontang Kuala, selesai berkeliling langsung saja mendarat di Restoran Ikan Bakar. Sambel Gaminya terkenal keseantero Nusantara. Tamu bule suka sekali ikan bakar disini. Kalau Jepang, biasanya minta diantar ke restoran kepiting saus Melati.
    Bontang Kuala adalah kampung air yg unik, terletak di utara Bontang. Dari dermaga Badak, perahu berlayar mengarungi kawasan hutan mangrove menuju "Venesia van Kalimantan". Penduduk disini mendirikan rumah diatas air. sambung menyambung dgn jembatan kayu ulin sehingga menyerupai kota Venesia. Tentu dengan suasana yg berbeda. Kalau Venesia terbuat dari tembok batu, Bontang Kuala adalah sekumpulan rumah kayu. Perahu berlayar memasuki lorong2. Pengalaman yg unik tentunya, mirip dengan kampung air didekat kota Bangkok.

    Bontang Kuala terkenal dgn restoran ikan bakarnya. Sambal Gaminya hmmm membuat air liur bergelayut mengundang selera makan.

    Kalau anda berkunjung ke Bontang, jangan lupa wisata air ke Bontang Kuala, selesai berkeliling langsung saja mendarat di Restoran Ikan Bakar. Sambel Gaminya terkenal keseantero Nusantara. Tamu bule suka sekali ikan bakar disini. Kalau Jepang, biasanya minta diantar ke restoran kepiting saus Melati.



    sumber klik disini




    MAKANAN KHAS



    GAMI BAWIS

    Setiap daerah pasti memiliki makanan ciri khas tersendiri. Begitu pula Kota Bontang salah satunya yaitu Gami Bawis. Gami bawis merupakan makanan khas kota Bontang yang menurut saya sangaaatt enaaakkk :D  Gami bawis ini berbahan dasar ikan bawis yang hanya ada di Kota Bontang.

    Resep dari Gami Bawis itu sendiri yaitu:

    Bahan:
    1/2kg ikan bawis
    3 buah tomat ukuran besar iris kotak kecil2
    1 genggam bawang merah iris2
    1/2 sendok teh terasi
    8 sendok makan minyak goreng
    garam secukupnya
    Cara membuat:
    1. panaskan cobek tanah liat di atas kompor api kecil, masukkan minyak goreng
    2. masukkan tomat yang udah diiris.. tunggu setengah matang
    3. masukkan irisan bawang merah, terasi garam..aduk …
    4. masukkan ikan susun rapi…
    5. api tetep kecil, hingga ikan matang… and siap dehhh yummi

    untuk sumber silahkan klik disini



    BUDAYA KOTA BONTANG


    Bontang adalah sebuah kota dinamis yang kaya akan kontras dan warna.Anda dapat menemukan berbagai etnis di  Kota Bontang dari suku lokal Kutai sampai ke suku pendatang seperti Jawa,Bugis,Batak,manado,banjar,sunda,padang,minang,tator,madura dan masih banyak lagi yaitu multi etnis. Para pendatang membawa serta budaya dan agama mereka masing masing Masyarakat lokal dan pendatang hidup berdampingan selama bertahun-tahun dalam harmoni dan damai. Perpaduan yang unik tersebut menciptakan masyarakat multikultural yang mempertahankan nilai-nilai moral-spiritual.Sebagai kota yang strategis dan kondusif, Bontang dikenal dengan keramahan tamahan yang hangat dari penduduk setempat,yang sesuai dengan Motto Kota Bontang Yaitu Kota TAMAN.untuk kebudayaan  suku lokal yaitu suku Kutai pada setiap tahun nya ada agenda pelestarian budaya kutai Seperti ERAU PELAS BENUA di kelurahan Guntung Kecamatan Bontang Utara biasanya diselenggarakan pada bulan juni atau juli dan Pesta Laut di Kelurahan Bontang Kuala kecamatan Bontang selatan biasanya diselenggarakan pada bulan september atau desember.Acara ini cocok untuk menarik wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara.pada acara tersebut berisi tentang ritual ritual sakral dari suku kutai seperti adat perkawinan,adat kelahiran,Tata cara sakral Erau dan selai itu ada kesenian kesenian seperti tari tarian,lagu lagu daerah seperti jepen dan tingkilan serta juga ada permainanan tradisional seperti permainan gasing ,asen naga,sumpit,behempas,belogo.Dan pada acara tersebut juga diberi kesempatan untuk suku suku lain yang berdiam di Kota Bontang untuk menampilkan kesenian mereka pada acara multi etnis pada acara Erau tersebut sehinga menjadikan Kota Bontang menjadi kehidupan yang harmonis walaupun berdiam seluruh suku yang ada di nusantara 

    untuk sumber silahkan klik disini



    Sekian ya artikel untuk My beloved city..;) and i hope you will visit in my country :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar